Cara Melihat Hasil Google Form Di Hp Android Laptop & PC

Apakah kamu sudah mengetahui Cara Melihat Hasil Google Form? Jika belum maka akan kami berikan informasinya. Saat ini google form banyak digunakan untuk pengumpulan data online, seperti data kuesioner atau data registrasi tertentu.

Pendaftar atau pengisi, umumnya diharuskan untuk mengisi kolom yang disediakan dengan benar. Jadi bagaimana cara melihat hasil Google Form?

Melihat tanggapan, balasan, atau data yang direkam oleh Google Form dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi browser di laptop dan Android.

Faktanya, Google Form saat ini sangat populer di kalangan pengguna, terutama institusi pendidikan sehingga memudahkan untuk mengikuti tes, absen online, dan mengumpulkan data survei.

Di bawah ini adalah pembahasan panduan terkait cara melihat hasil Google Form. Penasaran ingin mengetahuinya? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Google Form?

Cara Melihat Hasil Google Form

Google Form adalah produk pengembangan Google Docs yang banyak digunakan untuk mengumpulkan data secara online.

Data tersebut dapat berupa kuesioner, formulir pendaftaran online untuk quick count, dan pertanyaan atau query online.

Formulir Google ini gratis untuk digunakan. Kamu dapat membuat dan menganalisis berbagai data melalui Google Form.

Hasil pengumpulan data akan didapatkan dengan cepat yaitu ketika data-data tersebut sudah terekam, sehingga dapat dilakukan evaluasi atau analisis lebih lanjut.

Cara Membuat Google Form

Cara Melihat Hasil Google Form

Untuk membuat Google form, pastikan kamu sudah memiliki akun Google yang aktif. Kamu dapat melakukannya melalui akun email yang aktif di Gmail.

Kemudian kamu akan terhubung ke Google Drive, tempat kamu dapat mulai membuat Google Form.

Membuat Formulir Google itu mudah, kamu hanya perlu memahami setiap langkah yang sesuai dengan benar.

Karena tahapannya sendiri tidak terlalu sulit, kamu dapat melakukannya melalui PC atau ponsel yang kamu gunakan secara rutin setiap hari. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu lihat dibawah ini.

  • Pertama buka situs Google Form yaitu “https://docs.Google.com/forms/”.
  • Selanjutnya akan muncul template Google Form yang meliputi formulir Blank (kosong), Order Form, Event Feedback, Job Application, dan Time Off Request.
  • Jika memulai dari Google Drive, maka buka situs “https://drive.Google.com/forms/” atau klik ‘New’ pada sisi kiri atas, kemudian, pilih opsi ‘More’ dan pilih ‘Google Formulir’.
  • Kamu bisa memilih template dan bisa menambahkan judul form pada ‘Untitled Form’.
  • Berikutnya pada ‘Form Description’ kamu bisa menambahkan deskripsi formulir yang dibuat dengan Google Form tersebut.
  • Dan kamu juga bisa membuat pilihan untuk responden guna mengunggah file tertentu dengan menambahkan fitur-fitur yang ada.

Membuat Google Form Tipe Kuesioner

Cara Melihat Hasil Google Form

Kami telah merangkum cara untuk membuat google form tipe kuesioner, dan kamu bisa simak caranya dibawah ini.

  • Buka Google Documents dan pilih template atau jenis formulir yang ingin kamu gunakan, sesuai kebutuhan. Jika tidak ada yang cocok, cukup pilih template kosong atau opsi “Kosong”.
  • Kamu dapat mengeklik ikon “+” untuk menambahkan template Google Forms Builder. Jika kamu memilih templat kosong, isi judul dan deskripsi formulir di “Formulir Tanpa Judul”.
  • Kemudian tambahkan deskripsi formulir ke “Deskripsi Formulir”. Buatlah deskripsi formulir yang jelas dan rinci agar responden memahami tujuan pembuatan formulir tersebut.
  • Setelah semua proses ini, kamu dapat mengajukan pertanyaan. Ajukan pertanyaan di kolom Pertanyaan, lalu ketikkan pertanyaan yang ingin kamu ajukan kepada responden.
  • Jenis pertanyaan yang dapat dipilih meliputi pertanyaan deskriptif atau short answer dan multiple choice atau pilihan ganda.
  • Setelah semua pertanyaan dibuat, langkah terakhir adalah mengirimkannya ke penerima yang dituju. Di sini kamu perlu menyalin tautan formulir yang dibuat.
  • Kemudian klik opsi “Kirim” di kanan atas halaman. Lalu akan muncul pilihan “Insert form in email” untuk mengirimkannya melalui email.

Membuat Google Form Tipe Pendaftaran

Cara Melihat Hasil Google Form

Syarat untuk menggunakan Google Form adalah kamu harus memiliki akun Gmail yang aktif, yang dapat digunakan sebagai langkah untuk masuk ke Google Docs, untuk langkahnya kamu bisa simak dibawah ini.

  • Pertama kamu harus memilih template jenis formulir pendaftaran terlebih dahulu. Langkah selanjutnya adalah memasukkan judul formulir dan deskripsi atau deskripsi formulir.
  • Setelah itu, kamu dapat mengatur menu multi-kolom untuk tujuan pencatatan tertentu, misalnya Kolom nama lengkap, nomor telepon dan informasi data pribadi lengkap lainnya dapat ditambahkan.
  • Setelah selesai, kirimkan dan bagikan formulir pendaftaran. Kirim melalui email dengan terlebih dahulu mengklik “Kirim” di sudut kanan atas halaman.
  • Kemudian salin tautan Google Formulir yang kamu buat dan bagikan dengan orang yang dituju.

Bagaimana Cara Melihat Hasil Google Form?

Cara Melihat Hasil Google Form

Untuk melihat hasil Google form berupa pendapat dan tanggapan dari responden, caranya cukup sederhana. Kamu bisa menuju ke bagian Answers atau tombol Answers di sebelah kanan bagian Questions.

Kamu juga dapat melihat jumlah data responden yang dikumpulkan. Jika perlu, kamu dapat mengunduh hasil tanggapan ini dari halaman Spreadsheet.

Melihat hasil tanggapan dalam Google Form yang dibuat dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui PC atau laptop dan melalui Android. Berikut ini adalah penjelasan dari metode-metode tersebut.

Melalui PC Atau Laptop

Melihat hasil respon google form dapat dilakukan di PC atau laptop dengan menggunakan aplikasi browser.

Salah satu aplikasi browser yang dapat digunakan adalah Google Chrome. Namun jika tidak memilikinya, kamu juga bisa menggunakan browser jenis lain.

Jika kamu belum masuk ke Google Form, masuk dulu ke https://docs.google.com/forms/. Kemudian pilih nama formulir yang dibuat untuk pengumpulan data.

Kemudian klik “Response” dan gulir ke bawah ke “Ringkasan” atau “Ringkasan” untuk melihat jumlah dan tanggal responden.

Hasilnya dapat ditampilkan dalam berbagai cara. Ada yang berbentuk diagram batang, tabel, dan grafik. Agar data lebih mudah dibaca, beberapa opsi telah dibuat untuk menampilkan hasil respons formulir Google.

Selain membaca hasil respon, kamu juga bisa mendownload hasilnya seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

  • Pilih opsi ‘Download Tanggapan’. File akan diunduh dalam format (.csv) yang berada dalam bentuk ZIP. File ZIP tersebut perlu diekstrak agar dapat dibuka.
  • Klik ikon hijau pada kanan atas halaman agar lebih simpel.
  • Kemudian buat spreadsheet baru dengan klik ‘Buat’ dan tambahkan nama file spreadsheet tersebut.
  • Selanjutnya kamu akan dapat melihat hasil tanggapan dalam bentuk grafik, diagram, dan tabel secara online layaknya pada Microsoft Excel.

Melalui Android

Di sini kamu tidak perlu repot menampilkan hasil tanggapan Google Forms. Pasalnya, kamu bisa melihatnya melalui perangkat Smartphone. Antarmukanya juga lebih sederhana, jadi tidak membingungkan.

Untuk syaratnya, kamu membutuhkan aplikasi FormsApp, jadi kamu harus mengunduhnya dari Play Store terlebih dahulu.

Jika kamu memilih untuk tidak mengunduh, kamu dapat mengakses formulir langsung dari Google Drive dan kamu akan diarahkan ke browser.

  • Klik ‘Google Forms’, lalu pilih nama form yang sudah dibuat tadi. Setelah itu, pilih ‘View Responses’.
  • Selanjutnya akan ditampilkan ringkasan hasil tanggapan responden pada Google form buatan kamu sebelumnya. Ada hasil berupa bentuk bar chart dan pie chart.
  • Klik bagian pertanyaan untuk melihat hasil lainnya. Pada tab ‘Individual’, dan kamu bisa melihat satu persatu responden dalam hasil tabel.

Pada tab ‘Export’, kamu bisa mengekspor hasil tanggapan ke Google sheets dalam bentuk file (.csv, .xlx ) secara gratis serta dalam bentuk pdf, namun berbayar.

Kelebihan Dan Kekurangan Google Form

Cara Melihat Hasil Google Form

Sekarang setelah kamu mempelajari tentang Google Form dan cara menggunakan serta membuatnya, sekarang saatnya mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan Google Form.

Keuntungan utama dari Google Form adalah mudah digunakan, dan fitur-fiturnya gratis untuk digunakan.

Selanjutnya, tautan Google Form yang dibuat juga dapat dibagikan dengan mudah. Kemudian kamu juga dapat melihat hasil dari responden dalam berbagai bentuk.

Dari formulir grafis hingga ringkasan yang jelas pada formulir dalam tampilan spreadsheet. Hasilnya juga akurat dan terintegrasi dengan Google Spreadsheet.

Namun terlepas dari semua kelebihan yang disebutkan di atas, ada juga kekurangan dari Google form ini. Platform ini menawarkan survei pada skala Thurstone selain skala linier, yang dibatasi hanya 10 hitungan.

Kelemahannya, sekali lagi, adalah bahwa Google Form tidak secara otomatis menyediakan persamaan matematika dan fungsi simbol. Juga tidak ada email notifikasi saat responden mengisi formulir.

Jadi, kamu perlu mengaktifkan melalui fitur ‘Response’ dan pilih ikon tiga titik di bagian atas menu Terima Balasan. Dalam hal ini, pilih opsi “Terima pemberitahuan email untuk balasan baru”.

Itu dia tips dari kami tentang bagaimana cara melihat hasil Google Form serta cara mencetak formulir Google Form. Bagaimana, caranya sangat sederhana kan? Layanan ini memang sangat praktis dan pastinya GRATIS!

Dengan memanfaatkan Google Form, pekerjaan pengumpulan data akan berjalan lebih efisien tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga serta data akan disimpan dengan aman.

Sumber Yang Dituju:

You May Also Like

About the Author: Ngarep Barokah